Senin, 26 Agustus 2019

Sejarah Senter

 Sejarah Senter 


Sumber-sumber cahaya yang praktis dan bersifat portable senantiasa dicari dan dikembangkan sepanjang sejarah. Obor dan lilin adalah sumber-sumber awal dari cahaya, yang kemudian diganti dengan lentera dimana-mana dan orang mulai belajar bagaimana membakar beragam minyak-minyak dari binatang atau mineral. Sampai dengan abad ke 19, listrik dimanfaatkan untuk menciptakan cahaya. Penemuan senter dapat terjadi karena penemuan-penemuan penting sebelumnya seperti baterai sel kering dan lampu.
Pada tahun 1898 “National Carbon Company” memperkenalkan penemuan barunya yaitu baterai sel kering listrik yang pertama.Tidak seperti baterai sebelumnya, baterai jenis ini menggunakan elektrolit pasta dan bukan sebuah cairan. Ini adalah baterai pertama yang cocok untuk alat-alat elektronik portable, dikarenakan baterai kering tidak akan tumpah. Sebelumnya lagi pada tahun 1879, Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar. Bola lampu pijar adalah lampu listrik yang terdiri dari penutup kaca transparan atau tembus cahaya yang berisi filamen kawat (biasanya tungsten) yang memancarkan cahaya ketika dipanaskan dengan tenaga listrik. Dua penemuan inilah yang mendukung penemuan senter.
Senter pertama kali diperkenalkan dan diperdagangkan secara luas pada tahun 1898 oleh perusahaan milik Conrad Hubert ( yang memiliki nama asli Akiba Horowits ) yang setelah itu bernama Eveready. Akiba Horowits adalah seorang pria kelahiran Minsk, Rusia yang bermigrasi ke Amerika dan dan mengubah namanya menjadi Conrad Hubert pada tahun 1891.Pada saat pindah ke Amerika, bisa dikatakan hidup Conrad tidak jelas.Dia beralih dari profesi satu ke profesi lainnya.Dari mencoba berjualan rokok, kerja di restaurant, hingga menjadi tukang servis jam tangan. Semua yang dijalaninya guna menyambung hidup.Akan tetapi tidak ada satupun dari pekerjaan yang ia jalani membuat Conrad lebih maju.
Sejarah Senter
Di tengah-tengah masa ketidakjelasan itu, ia tertarik pada sebuah industri yang berhubungan dengan kelistrikan.Kemudian ia mulai menjual berbagai macam alat yang berhubungan dengan listrik dan baterai, misalnya kipas angin portable, lampu saku, hingga produk unik seperti pot bunga yang bersinar. Maka, ia pun semakin tertarik dengan produk-produk berenergi baterai.
Conrad pun mulai mengutak atik sebuah lampu kecil agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal.Ia mulai berkerja sama dengan David Misel. David Misel adalah seorang penemu berkebangsaan Inggris yang telah mematenkan penemuan lampu elektrik portablenya pada tahun 1895 dan lampu pada sepeda pada tahun1898.Sebagai seorang pegawai dari Conrad, David Misel pun terus menemukan kemajuan dalam alat pencahayaan, dan kemudian mematenkan penemuan senter pertamanya pada tanggal 10 Januari 1899. Senter pertama ini merupakan buatan tangan yang terdiri dari kertas mentah dan tabung-tabung serat, dengan sebuah bohlam lampu dan reflektor kuningan kasar. Misel dan Conrad bersama-sama merakit beberapa senter yang berbentuk tabung dan kemudian memberikannya kepada beberapa polisi polisi New York. Usaha mereka mendapat tanggapan yang baik dari para polisi tersebut. Di sinilah lampu senter makin dikenal orang dan kemudian Conrad mematenkannya pada tahun 1903.
Conrad mendapatkan hak paten pada tahun 1905 untuk penemuannya yaitu senter dengan saklar on/off dalam kemasan silindris yang berisikan lampu dan baterai seperti yang dikenal sampai sekarang ini.Sejak saat itulah hidup Conrad berubah, bahkan perusahaan yang didirikannya pun mendapat tambahan dana yang cukup besardari investornya, yaitu National Carbon Company senilai U$ 200.000 dan merupakan sebuah nilai yang cukup besar pada waktu itu.Hasil dari tambahan dana tersebut dapat menjadi sebuah perusahaan yang dikenal sampai sekarang , yaitu Eveready atau singkatan dari The American Ever Ready Company.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Fotocopy

 Mesin Fotocopy adalah sebuah mesin yang digunakan untuk melakukan duplikasi dokumen-dokumen dimensi ke dalam kertas dengan biaya yang san...