Jumat, 16 Agustus 2019

RANGKAIAN ELEKTRONIK


RANGKAIAN ELEKTRONIK


Rangkaian elektronika diartikan sebagai kombinasi dari susunan beberapa buah komponen elektronik yang mana masing-masing komponen itu memiliki fungsi kelistrikan yang khas. Sangatlah banyak jenis dari rangkaian yang dapat dibangun ataupun dirancangkan guna memperoleh apa yang menjadi keperluan teknologi umat manusia sekarang ini. Bisa kita simpulkan bahwa berkembangnya teknologi sat ini tidak terlepas dari perkembangan keilmuan elektronika itu sendiri, yang mana semakin hari menjadi semakin kompleks seperti halnya memanfaatkan teknologi wire less dan juga memanfaatkan alat semi konduktor yang dapat mewakilkan berjuta-juta koneksi suatu rangkaian hanya didalam sebuah lempengan chip kecil. Contohnya adalah perkembangan teknologi dalam sistem komputer sekarang ini, kedepannya kecepatan pemprosesan datanya akan semakin tinggi melebihi jutaan data per-detiknya / GHz serta bentuknya pun semakin kecil dan juga portable. Hal ini bukti bahwa keilmuan rangkaian elektronika berbasis komputerisasi telah mengalami peningkatan yang sangat pesat.
Sebagai seseorang yang mobilitasnya tinggi, tentu kita akan merasakan bagaimana keilmuan dalam rangkaian elektronika wire less. Kesemua informasi yang kita perlukan ataupun yang harus kita kerjakan, dapat dilakukan melalui perangkat tanpa kabel dengan jarang yang jauh. Wajarlah bila banyak yang menganggap bahwa jaman sekarang ialah jaman modern karena informasi yang berada pada belahan bumi lain akan kita ketehui dengan sangat cepat sekali. Bahkan kita juga dapat melihat secara langsung / live, mengenai sesuatu hal yang tengah terjadi dimanapun ia berada. Kita juga mengenal yang namanya Global Positiotion System / GPS, yaitu peralatan yang dipakai untuk mengetahui dimanakan posisi seseorang dibumi ini. Nah, GPS ini adalah rangkaian elektronika salah satu peralatan yang menerapkan fungsi dari wireless sebagai gelombang radio pelaksanaan lalu-lintas data diantara para pengguna GPS melaui sebuah satelit GPS.
Sebagaimana Rangkaian Elektronika digital serta wireless, bidang elektronika lain yang ikut menyumbang kemajuan teknologi diera sekarang ini adalah keilmuan elektronika sensor. Dalam bidan ilmu ini pembangunan memakai rangkaian sensor yang dapat meniru fungsi dari panca indra manusia. Bahkan penerapannya bisa melebihi keakuratan yang dimiliki manusia. Karenanya tidak heran bila kita membaca suatu berita yang menyatakan bahwa ada robot yang memiliki sensor visual sebagaimana yang dimiliki manusia namun memiliki kelebihan seperti dapat merekam. Penerapan lain dari rangkaian elektronika ini adalah dapat digunakan untuk mengukur suara, berat, jarak, suhu, rotasi, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Fotocopy

 Mesin Fotocopy adalah sebuah mesin yang digunakan untuk melakukan duplikasi dokumen-dokumen dimensi ke dalam kertas dengan biaya yang san...