Jumat, 23 Agustus 2019

Media Elektronik dan Media Massa

media elektronik&cetak
Media adalah alat atau sarana untuk menyebarluaskan informasi, seperti surat kabar, radio, internet dan lain-lain. Media juga disebut-sebut sebagai salah satu alat yang dapat menghubungkan kita dengan negara-negara lain diseluruh dunia ini.

Media dibagi menjadi dua bagian yaitu :
1. Media Elektronik
2. Media Cetak



1. MEDIA ELEKTRONIK

Media elektronik adalah media yang menggunakan elektronik atau energi elektromekanis bagi pengguna akhir untuk mengakses kontennya. Istilah ini merupakan kontras dari media statis (terutama media cetak), yang meskipun sering dihasilkan secara elektronis tapi tidak membutuhkan elektronik untuk diakses oleh pengguna akhir. Sumber media elektronik yang familier bagi pengguna umum antara lain adalah rekaman video, rekaman audio, presentasi multimedia, dan konten daring. Media elektronik dapat berbentuk analog maupun digital, walaupun media baru pada umumnya berbentuk digital.

Contoh-contoh media elektronik :
A. Televisi 













A. Kelebihan media elektonik, yaitu :

1. Dari segi waktu, media elektronik tergolong cepat dalam menyebarkan berita kemasyarakat.
2. Media elektronik mempunyai audio visual yang memudahkan para audiensnya untuk memahami berita, khususnya pada media elektronik televise.
3. Media elektronik menjangkau masyarakat secara luas.
4. Dapat menyampaikan berita secara langsung dari tempat kejadian.
5. Dapat menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa.
6. Dapat dinikmati oleh semau orang, baik itu yang mengalami keterbelakangan mental.

B. Kekurangan media elektronik, yaitu :
1. Dalam penyediaan berita pada media elektronik tidak dapat mengulang apa yang telah ditayangkan.
2. Media elektronik tidak diprintout.




2. MEDIA CETAK


Media statis atau Media Cetak dan mengutamakan pesan-pesan visual yang dihasilkan dari proses percetakan, bahan baku dasarnya maupun sarana penuampaian pesannya menggunakan kertas. Media cetak menggunakan dokumen atas segala hal tentang rekaman peristiwa yang diubah dalam kata-kata, gambar, dan foto. Media cetak dalam penyampaian beritanya hanya menggunakan suara yang sering pula disertai dengan gambar dan petunjuk terjadinya suatu musibah, seperti halnya pada :
Surat kabar adalah barang cetakan yang berisi berita, informasi, dan pendidikan yang terbit secara kontinyu yang biasanya harian yang dicetak, tapi, tidak dijilid. 
Majalah adalah kumpulan berita, artikel, cerita, dan iklan yang dicetak dalam lembaran kertas dan dijilid dalan bentuk buku, serta diterbitkan secara berkala, sperti seminggu sekali, dua minggu sekali, dan bahkan sebulan sekali. 

Contoh-contoh media cetak : 
A. Koran


















B. Tabloid 






















Kelebihan media cetak, yaitu :
1. Dapat dibaca berkali-kali dengan cara menyimpannya.
2. Dapat membuat orang yang berfikir lebih spesifik tentang isi tulisan.
3. Biasa disimpan atau dicollect isi informasinya.
4. Harganya lebih terjangkau maupun dalam distribusinya.
5. Lebih mampu menjelaskan hal-hal yang bersifat kompleks atau rigid.

Kekurangan media cetak, yaitu :
1. Dari segi waktu media cetak lambat dalam memberikan informasi. Karena media cetak tidak dapat menyebarkan langsung berita yang terjadi pada masyarakat dan harus menunggu turun cetak.
2. Media cetak hanya dapat berupa tulisan.
3. Media cetak haya dapat memberikan visual berupa gambar yang mewakili keseluruhan isi berita.
4. Biaya produksi yang cukup mahal karena media cetak harus mencetak dan mengireimkannya sebelum dapat dinikmati masyarakat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Fotocopy

 Mesin Fotocopy adalah sebuah mesin yang digunakan untuk melakukan duplikasi dokumen-dokumen dimensi ke dalam kertas dengan biaya yang san...