Rabu, 07 Agustus 2019

Manfaat Alat Elektronik dalam Kehidupan Sehari-hari


   Apa jadinya bila didunia tidak ada elektronik ?
Apa jadinya kalau seandainya Thomas Ala Edison tidak menemukan lampu untuk kehidupan dunia? Apa jadinya kalau seandainya Abaraham Bell tidak menemukan telepon?Apa jadinya kalau seandainya Guetenberg tidak menemukan mesin cetak? Apa jadikan kalau Samuel Morse tidak menemukan mesn telegram? Apa jadinya kalau seandainya Marconi tidak menemukan Radio? Apa jadinya kalau Micheal Faraday tidak menemukan mesin dynamo? Apa jadinya kalau seandainya  Volta tidak menemukan Baterai? Wow, dunia sepertinya akan sepi dari alat elektronik tersebut. Dan kita, pasti akan hidup dalam kegelapan.  
Kehidupan tambah beradab dan berkembang karena barang-barang elektronik tersebut. Bersyukurlah kita sebagai generasi millennia bisa memanfaatkan penemuan-penemuan mereka, yang mungkin di zaman dulu ditertawakan. Tapi coba lihat sekarang, hasil kerja keras penemu alat elektronik di atas, bisa mempengaruhi perabadan dunia dan menjadi lebih baik, bagi kehidupan manusia selamanya. 
Sebenarnya apa saja manfaat yang bisa kita petik dan ambil dari alat elektronik tersebut yang hampir sudah berumur ratusan tahun tersebut dan masih bisa kita rasakan manfaatnya sampai hari ini dan bahkan sampai anak cucu kita. Simak ulasannya perkembangan elektronik di bawah ini sebagai berikut. 
  • Kehidupan menjadi lebih beradab
Kehidupan kita hari ini tentu tergantung mesin-mesin elektronik seperti televisi, smartphone, kompor, kamera, kipas angin, komputer, laptop, mesin pemanas kopi, strika, dvd, dan baterai. Coba anda bayangkan kalau benda-benda eletronik luar biasa itu tidak pernah ditemukan, apa jadinya kehidupan manusia di masa depan. Apakah kita akan hidup di zaman batu? Tentu saja hal tersebut tidak pernah terjadi, karena hampir 100 persen dalam kehidupan sehari-hari kita, kita selalu tergantung pada benda-benda elektronik tersebut. Hidup menjadi tidak membosankan dan berarti untuk sesama. Karena bagaimanapun, kehidupan kita semakin berkembang dengan benda-benda elektronik tersebut. Bersyukurlah kita masih bisa memanfaatkan benda elektronik tersebut untuk membuat lingkungan dan kehidupan kita menjadi lebih beradab.
  • Komunikasi dan informasi menjadi lebih muda di dapatkan
Ketika hanphone ditemukan berpuluh-puluh tahun silam oleh  Martin Cooper, Radio oleh Marcon dan televisi ditemukan J.L Baird dan C.F Jenkins kehidupan kita menjadi lebih mudah untuk mendapat asupan informasi dan komunikasi. Dengan beberapa benda elektronik tersebut, kehidupan manusia menjadi lebih gampang, cepat, berkualitas, maksimal dan tentunya lebih kreatif.  Kita bisa menerima berita dari negara yang paling jauh sekalipun hanya mendengar lewat radio, atau televisi. Bukankah itu hal yang luar biasa. Ketika kita ingin mendengarkan seseorang yang kita kasihi, kita hanya tinggal memencet nomor pada hanphone lalu terhubunglah kita dengan seseorang yang kita kasihi walaupun jaraknya beribu-ribu kilometer. Sangat luar biasa.
  •  Menyediakan peralatan penting untuk bekerja

Dalam era modern ini, banyak pekerjaan yang bergantung pada alat elektronik dan tidak akan bisa diselesaikan dengan tidak adanya benda elektronik. Misalnya untuk mencetak dokumen untuk keperluan pribadi maupun industri, akan membutuhkan benda elektronik berupa printer atau mesin pencetak yang membutuhkan manfaat energi listrik untuk menjalankannya.
  •  Membantu menghemat waktu

Di samping memudahkan pekerjaan agar cepat selesai, adanya benda elektronik juga bisa menghemat waktu. Contohnya saja menggunakan manfaat rice cooker, yang mana hanya akan mempercepat dam memudahkan proses memasak nasi. Bahkan ketika menunggu nasi masak dalam rice cooker bisa melakukan pekerjaan lainnya, sehingga penggunaan waktu bisa lebih efisien.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mesin Fotocopy

 Mesin Fotocopy adalah sebuah mesin yang digunakan untuk melakukan duplikasi dokumen-dokumen dimensi ke dalam kertas dengan biaya yang san...